BPBD Pekanbaru Menyampaikan Imbauan kepada Masyarakat untuk Mengantisipasi Perubahan Cuaca Ekstrem di Bulan Oktober Ini.

 

Pekanbaru (SatuLensa.com) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap perubahan cuaca yang cukup ekstrem pada bulan Oktober 2024 ini. Terutama, hujan yang disertai angin kencang masih berpotensi terjadi di wilayah Kota Pekanbaru.

Kondisi ini merupakan dampak dari fenomena lain yang terjadi di Provinsi Riau. Bulan ini diperkirakan sudah memasuki musim hujan.

"Perubahan cuaca yang ekstrem dalam satu hari memang perlu diwaspadai. Dari pagi hingga sore bisa saja cuaca panas, lalu tiba-tiba berubah menjadi hujan," jelas Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekanbaru, Zarman Candra.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk Kota Pekanbaru. Ia menyatakan bahwa kondisi cuaca saat ini merupakan salah satu dampak dari fenomena La Nina, sehingga pihaknya akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan.

Zarman menambahkan bahwa menurut prediksi BMKG, bulan Oktober ini sudah memasuki musim penghujan, dengan puncak musim hujan diperkirakan akan terjadi pada bulan November mendatang.

Ia menjelaskan bahwa intensitas hujan yang akan turun berkisar dari intensitas kecil hingga sedang. Terdapat juga kemungkinan hujan disertai angin kencang, sehingga pihaknya berkoordinasi dengan dinas terkait.

"Kami mengimbau masyarakat untuk memangkas ranting atau pohon yang sudah tua agar tidak tumbang saat angin kencang terjadi," ujarnya.

Zarman juga mengingatkan agar masyarakat berhati-hati saat melewati jalan yang dekat dengan pohon besar. Ia mengimbau warga yang tinggal di pinggiran aliran sungai untuk tetap waspada terhadap ancaman banjir.

"Walaupun sungai telah dinormalisasi, masyarakat tetap harus waspada," imbaunya.

Lebih baru Lebih lama