RSD Madani menyediakan dua unit mobil gratis untuk antar jemput pasien rujukan dari Puskesmas.

 

Pekanbaru (SatuLensa.com) - Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani yang terletak di Jalan Garuda Sakti, Kota Pekanbaru, telah menyediakan dua unit mobil untuk mengantar dan menjemput pasien yang dirujuk dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Layanan operasional kendaraan ini diberikan secara gratis kepada masyarakat.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, Fira Septiyani, menyatakan bahwa mobil ini dioperasikan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Tujuannya adalah untuk membantu pasien yang dirujuk ke RSD Madani, terutama bagi mereka yang mengalami kesulitan dalam hal transportasi.

"Mobil ini kami operasikan untuk menjemput pasien yang dirujuk oleh Puskesmas ke RSD Madani, mengingat lokasi rumah sakit yang belum banyak dilalui oleh transportasi umum," ungkapnya pada Rabu, (26/10/2024).

Ia menjelaskan bahwa operasional kendaraan antar jemput ini sedang dalam tahap uji coba di enam Puskesmas di Kota Pekanbaru, yaitu Puskesmas Simpang Tiga, Puskesmas Garuda, Puskesmas Payung Sekaki, Puskesmas Sidomulyo Rawat Inap, Puskesmas Sidomulyo Rawat Jalan, dan Puskesmas Simpang Baru.

"Mobil-mobil ini akan terus bergerak dan melakukan transit di enam Puskesmas tersebut. Operasionalnya setiap hari," jelasnya.

Fira menegaskan bahwa layanan antar jemput pasien rujukan ini tidak ditujukan untuk pasien gawat darurat, melainkan untuk pasien biasa yang mendapatkan rujukan untuk pemeriksaan kesehatan dan pengobatan di RSD Madani.

"Untuk pasien gawat darurat, kami sudah menyediakan ambulans. Jadi, mobil ini khusus untuk semua pasien rujukan yang memerlukan transportasi ke RSD Madani. Setelah berobat, kami juga akan mengantar mereka kembali," tambahnya.

Fira berharap dengan adanya layanan antar jemput ini, semakin banyak pasien rujukan yang bersedia datang ke RSD Madani.

"Uji coba telah berlangsung selama seminggu. Selanjutnya, kami akan melakukan evaluasi. Jika jumlah pengguna meningkat, kami akan menambah unit mobil dan memperluas jangkauan Puskesmas," tutupnya.

Lebih baru Lebih lama